Fashion

Sejarah Collar Stiffener atau Collar Stay

Kerah kerah adalah aksesori kemeja penting untuk pria berpakaian rapi; itu memungkinkan kerah untuk ditempatkan rata di tulang selangka daripada melengkung ke atas atau ke bawah. Untuk pembaca Inggris, yang disebut gesper kerah Inggris mungkin dikenal sebagai batang kerah, tulang, tab atau pelindung, meskipun pelindung juga merupakan klip jenis peniti yang menghubungkan setiap tab kerah melalui lubang yang dibuat khusus di kain kemeja.

Saat ini pengeras kerah yang disertakan dengan kemeja biasanya terbuat dari plastik, runcing di satu ujung dan bulat di ujung lainnya. Ini dimasukkan, ujung runcing terlebih dahulu, ke dalam saku yang dibuat khusus di bagian bawah kerah yang mencapai ke ujung kerah. Pada beberapa kemeja, pengeras kerah mungkin dijahit ke kerah, tetapi kerusakan yang tidak disengaja, terutama saat dicuci dapat menyebabkannya tertekuk atau patah. Untuk itu, kemeja dengan lipit yang bisa dilepas adalah pilihan terbaik.

Sebelum penemuan plastik, bantalan kerah terbuat dari strip logam padat seperti kuningan, seluloid, ibu dari mutiara, tanduk, gading, tulang ikan paus dan kayu berharga dan tidak biasa. Ada referensi dalam ensiklopedia 1809 tentang batang kerah yang terbuat dari kayu kotak yang ditemukan di Box Hill di Surrey, meskipun apakah ini untuk kerah kemeja atau kerah mantel atau pakaian lainnya masih belum diketahui. Cukuplah untuk mengatakan bahwa prinsip dan efektivitas pengeras kerah sudah dikenal saat ini.

Kerah kemeja hari ini turun dari ruffle yang dibuat oleh tali di leher kemeja abad pertengahan, yang merupakan pakaian dalam, bukan kemeja terbuka yang biasa kita pakai hari ini. Namun, ketika kerah kemeja terbuka menjadi modis, kerah yang dapat dilepas menjadi populer karena memungkinkan kemeja untuk dipakai selama beberapa hari sementara kerah dapat diganti dengan yang baru bila diperlukan. Kerah renda diimpor dari Belanda di mana terdapat industri renda yang berkembang pesat.

Kerah yang bisa dilepas ini akan dikeraskan dengan kanji saat dicuci agar garing. Pati berfungsi sebagai tujuan sekunder karena kotoran dan keringat akan menempel pada pati alih-alih kain dan ini akan mudah hanyut saat dicuci bersama dengan pati.

Pada awal zaman Victoria, kerah kemeja biasanya dipakai ke atas daripada dilipat, tetapi karena mode berubah menjadi desain yang kurang menonjol, kerah runcing menjadi standar yang kita kenal sekarang. Memiliki kemeja dengan kerah kemeja yang renyah merupakan fitur mode yang penting, tetapi kerah bertepung kaku dan tidak nyaman untuk dipakai dan pada awal abad ke-20 banyak paten untuk desain perangkat pengerasan kerah alternatif digunakan.

Ada sumber yang mengklaim bahwa pengeras kerah modern ditemukan oleh Max Rittenberg seorang karyawan Alexander & Oviatt seorang pedagang pakaian Los Angeles yang membuat kemeja bermerek mereka sendiri dan bahwa bos Rittenberg James Oviatt tidak mematenkan ide tersebut dan memberikannya kepada seorang teman yang adalah seorang salesman untuk kemeja perusahaan Van Heusen. Namun, klaim ini mengacu pada tanggal tidak lebih awal dari tahun 1912 sementara seperti disebutkan di atas, ada beberapa paten pada awal abad ini untuk berbagai jenis pengeras kerah.

Saat ini pengeras kerah perak padat modis dan lebih tahan lama daripada alternatif plastik, seluloid, kayu atau tulang paus. Mereka membuat hadiah yang bagus untuk pria yang rapi, terutama ketika dipersonalisasi dengan nama atau inisial pengguna, atau pesan khusus. Pesan mungkin disembunyikan, tetapi pengguna akan memiliki pengingat permanen tentang hal itu ketika mereka mengganti pengeras di antara kemeja. Pesan dari anak-anak yang terukir pada pengeras sangat populer.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button