Fashion

Pemisahan Warna T-Shirt Sebagai File DCS Menggunakan Adobe Photoshop untuk Output Dengan Adobe Illustrator

Dengan dirilisnya Photoshop CS5, Adobe telah menghapus Tombol Layar dalam fungsi cetak aplikasi. mengapa? Nah, untuk beberapa alasan Adobe merasa tidak perlu mencetak pemisahan warna langsung dari dalam Photoshop! Bagi sebagian besar pengguna, itu bukan masalah. Namun, bagi mereka yang berkecimpung di industri sablon kaos, penghapusan fungsi penting ini menimbulkan masalah besar.

Oleh karena itu, karena tidak dapat lagi menggunakan pengaturan halftone langsung di Photoshop CS5, CS5.5 dan kemungkinan besar semua versi yang akan datang, mereka yang perlu menghapus pemisahan warna, terutama jenis yang digunakan dalam industri sablon kaos, perlu menyimpan dokumen Photoshop sebagai file DCS 2.0 diikuti dengan penyisipan file DCS di Adobe Illustrator untuk mencetak pemisahan warna ke film.

Inisial “DCS” adalah akronim untuk “Desktop Color Separation” dan merupakan format berdasarkan format file.EPS yang dikembangkan oleh Quark pada awal 90-an. Singkatnya, file DCS 2.0 adalah file .EPS yang memiliki kemampuan unik untuk juga berisi saluran warna spot, seperti pemisahan warna yang dihasilkan di Photoshop.

Karena saya telah menemukan banyak informasi di Internet tentang menyimpan, menempatkan, mengimpor dan mencetak file DCS 2.0 yang agak tidak akurat atau membingungkan, kami akan mencoba menjelaskan prosesnya di sini menggunakan proses langkah demi langkah.

Langkah 1) Ketika pemisahan warna selesai, baik dengan melakukannya secara manual atau menggunakan Plugin / Tindakan Photoshop berkualitas tinggi untuk menghasilkan, penting untuk menghapus Saluran RGB bersama dengan saluran warna apa pun yang tidak diperlukan untuk keluaran film. Anda juga disarankan untuk mengubah nama Saluran Hitam menjadi “Tinta Hitam” atau selain “Hitam”. Ini akan membantu menghindari kebingungan dengan proses pemadaman ketika file DCS 2.0 ditempatkan di Adobe Illustrator.

Langkah 2) Setelah file diformat dengan benar seperti di atas, pilih “Save As” dari Menu File Photoshop.

Langkah #3) Ketika muncul kotak dialog Save As, pilih Photoshop DCS 2.0 (*EPS) Pastikan Anda mencentang “Dot Color Box” lalu klik Save.

Langkah #4) Ketika Kotak Format DCS 2.0 terbuka, masukkan pengaturan berikut, lalu klik OK.

Pratinjau: TIFF (8 bit/piksel)

DCS: File Tunggal Dengan Komposit Warna (72 piksel/inci)

Pengkodean: Biner

File sekarang disimpan dalam format DCS 2.0 dan akan diberikan ikon EPS. Selanjutnya kita akan menempatkan file di Adobe Illustrator untuk output.

Langkah #5) Luncurkan Adobe Illustrator dan buat Dokumen Baru menggunakan mode warna RGB bersama dengan ukuran halaman yang sesuai untuk memuat dimensi fisik pemisahan warna.

Langkah #6) Pilih “Tempat” dari Menu File Illustrator. Ketika kotak dialog Tempat terbuka, cari file DCS dan klik “Tempat”. File DCS sekarang telah disertakan dalam dokumen Illustrator dan sekarang dapat dilihat di halaman Anda. Jangan khawatir tentang penampilannya! Gambar mungkin tampak hilang jika dibandingkan dengan pratinjau di Photoshop. Ini normal, hanya pratinjau layar berkualitas rendah dan pemisahan warna akan dicetak seperti yang diharapkan.

Langkah #7) Di Adobe Illustrator, pilih Print dan pilih Printer Anda. Atur ukuran halaman yang benar lalu pilih “Output”. Dalam “Mode” pilih “Pemisahan (Berbasis Host)”. Semua saluran warna spot dari pemisahan asli yang dihasilkan menggunakan Photoshop sekarang akan muncul dan dipilih dalam Kotak Centang Tinta Dokumen Adobe Illustrator.

Langkah #8) Ubah Frekuensi, Sudut, dan Bentuk Titik setiap saluran untuk menjadi keluaran film. Pengaturan yang bekerja dengan baik untuk sebagian besar pemisahan warna t-shirt adalah mengatur setiap saluran pada 55 lpi, 26 derajat dengan bentuk titik Elliptical. Setelah diatur, file sekarang siap untuk dikirim ke printer Anda.

Tanda centang juga dapat ditambahkan menggunakan tag standar Illustrator, atau buat tanda centang vektor kustom Anda sendiri, yang merupakan ide bagus. Hanya desain tanda register di Illustrator yang menggunakan warna bernama “Registration”. Tanda tersebut kemudian dapat digandakan dan ditempatkan tepat di tempat yang Anda inginkan dan akan dicetak pada setiap saluran. Simpan tanda centang yang dibuat untuk digunakan pada semua file yang dicetak dari Illustrator.

Semoga artikel ini menghilangkan beberapa misteri yang terkait dengan penggunaan file DCS 2.0. Terutama bagi mereka yang berkecimpung dalam dunia sablon kaos.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button